Review ASUS ROG GL553VW

gl553vw-02Spesifikasi ASUS ROG GL553W

HARGA Rp17.799.000
BODI 383 x 255 x 30 mm, 2,5 kg
PROSESOR Intel Core i7-6700HQ @3,5 GHz
GPU NVIDIA GTX960M
RAM 16 GB
STORAGE 1 TB HDD
LAYAR LED Matte 15,6 inci (1.920 x 1.080 piksel)
KAMERA HD Webcam
BATERAI 4 cells
SISTEM OPERASI Windows 10

Kehadiran notebook gaming makin menjamur di Indonesia. Kali ini kami berkesempatan me-review salah satu penggawa ROG di kelas menengah, yaitu GL553VW. Sejatinya GL553VW masuk dalam lini ROG STRIX. STRIX sendiri merupakan lini gaming ASUS yang menargetkan segmen performa premium.

GL553VW sendiri merupakan penerus GL502. Sekilas bentuk keduanya begitu mirip, hanya saja GL553VW memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil dan ramping walaupun sama-sama mengusung layar 15,6 inci. Salah satu penyebabnya adalah bezel layar yang sedikit lebih tipis. Di Indonesia, notebook satu ini ditawarkan seharga Rp17.799.000.

Kelebihan

csm_mg_8660_ac2616c0c4Desain Premium. Desain yang diusung ASUS ROG GL553VW sangat premium dengan paduan warna merah terang dan hitam pekat. Aksen garis yang tegas menambah kesan elegan. Sekilas logo ROG dan dua garis merah tidak dapat menyala karena warnanya sudah terlalu terang. Namun kenyataannya, ketika notebook ini dihidupkan, keduanya bisa menyala terang. Di sisi dalam, Anda akan menemukan logo STRIX pada sisi kiri atas dan logo ROG di kanan bawah. Material palm rest yang digunakan juga sangat baik dan tidak licin saat sedang digunakan.

gl553vw-02ROG Cooling Overboost dan GameFirst III. Teknologi terbaru ROG Cooling Overboost mampu mendinginkan ASUS ROG GL553VW dengan cukup baik. Anda dapat mengatur kecepatan kipas pendingin secara manual melalui software ASUS ROG Gaming Center. Selain itu, adanya fitur Intelligent Thermal Design bakal menambah efisiensi pendinginan sehingga notebook dapat digunakan untuk bermain game secara terus-menerus.
rog-gaming-centerSelain akses fitur ROG Cooling Overboost, pada software ASUS ROG Gaming Center juga terdapat fitur GameFirst III. Fitur ini berfungsi untuk membantu menyesuaikan bandwith internet agar mengalir khusus pada game yang sedang dimainkan. Oleh karena itu, Anda akan merasakan sensasi lag-free atau bebas dari sendatan ketika sedang bermain game online.

7006082-black-pattern-background-14095
WWW.PRESIDENQQ.COM AGEN SITUS JUDI ONLINE CUKUP 10.000 BERKESEMPATAN MEMENANGKAN JUTAAN RUPIAH

gl553vw-03Keyboard sangat nyaman. Keyboard desain chiclet milik ASUS ROG GL553VW ini memiliki sedikit unsur rubber finished karena saat disentuh terasa begitu lembut. Selain itu, LED backlit berwarna merah dengan tiga tingkat kecerahan khas ROG turut membantu penggunaan di area gelap. Menariknya, keyboard yang dimiliki ASUS ROG GL553VW ini sangat nyaman digunakan karena menggunakan teknologi scissor-switch key dengan jarak tekan 2,5 mm. Keyboard ini juga memiliki fitur 30 key-rollover untuk mengurangi ghosting saat sedang ditekan.
rog-strix-gl502vs-keyboardUntuk kalian pengguna game balap ataupun FPS, mungkin notebook ini juga cocok karena terdapat perbedaan warna sendiri pada tombol W,A,S, dan D nya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda menemukan keempat tombol tersebut.

gl553vwLayar pekat. Salah satu hal paling penting dari sebuah notebook gaming adalah layarnya. Apalagi saat bermain game online, layar harus tetap terlihat jelas dari berbagai posisi duduk. Inilah salah satu keunggulan ASUS ROG GL553VW yang dibekal layar LED berjenis matte. Dengan begitu, layarnya tidak mengkilat dan tetap terlihat jelas dari sudut mirin 178 derajat maupun saat terkena pantulan cahaya.asus-rog-strix-front-2


Performa gahar.
 Dengan merogoh kocek hingga Rp17 jutaan, tentunya notebook gaming ini sangat layak untuk dipertimbangkan karena performanya yang sangat baik. Dengan prosesor Intel Core i7-6700HQ, RAM DDR4 16 GB yang dapat di-upgrade hingga 32 GB, GPU NVIDIA GeForce GTX960M, dan hard disk 1 TB, ASUS GL553VW mampu melahap game-game berat yang ada di pasaran saat ini.
fgNamun khusus game rakus hardware seperti The Witcher III dengan resolusi Full HD dan setting rata kanan alias high, ternyata frame rate yang dihasilkan kurang begitu memuaskan, yaitu hanya sekitar 15 fps saja. Oleh karenanya sangat disarankan untuk bermain menggunakan konfigurasi medium agar kelancaran permainan tidak berkurang.

gl553vw-04Lebih compact dari biasanya. Mayoritas notebook spesialis gaming memiliki dimensi dan bobot yang merepotkan untuk membawanya bepergian, alias besar dan berat. Sebelumnya Razer sudah menciptakan notebook gaming ringkas dan compact. Dan kini kami merasakan hal yang serupa ketika memakai ROG GL553VW. Notebook satu ini memiliki layar 15,6 inci, lebar 38 cm, serta bobot 2,5 kg.

Kekurangan

Baterai kurang awet. Seperti notebook gaming lainnya, baterai ASUS ROG GL553VW ini tidak tahan lama. Pada pengujian battery eater, baterai yang dimilikinya hanya mampu bertahan selama 50 menit. Sedangkan saat menggunakannya secara normal tanpa bermain game, dalam waktu sepuluh menit baterainya berkurang dari sepuluh persen. Sedangkan ketika digunakan untuk bermain game, baterai menurun dari 90 persen ke 51 persen hanya dalam waktu 15 menit.

Kesimpulan

ASUS ROG GL553VW menawarkan hardware terkini, performa mumpuni, serta bodi yang tergolong mini untuk sebuah notebook gaming. Notebook satu ini memiliki layar berukuran 15,6 inci, tebal 3 cm, bobot 2,5 kg, ditunjang keyboard full-size yang responsif, namun sayangnya baterainya kurang bertenaga.

Tinggalkan komentar