Benarkah Charging Smartphone Melalui USB 3.0 Pada Laptop Bisa Mempercepat Proses Pengisian?

Tidak sedikit orang-orang yang demen banget ngecas smartphone lewat laptop. Nah setiap laptop zaman sekarang, pasti punya setidaknya satu port USB 3.0.

Teknologi USB 3.0 itu sendiri mampu menawarkan kecepatan transfer data hingga 5 GB per detik lho. Sementara kecepatan transfer data USB 2.0 mentok hingga 480 MB per detik.

Pertanyaannya adalah “apakah ngecharge HP dengan port USB 3.0 di laptop lebih cepat dibandingkan USB 2.0?” Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

USB Power

DSC02600

Selain buat berkirim data, port USB juga berfungsi sebagai interface untuk menyalurkan listrik dari host ke device.

Standar USB yang ada memang menentukan berapa batas arus yang bisa diambil oleh suatu perangkat dari port host.

Lalu, berapa arus maksimal yang bisa dipasok oleh port USB? Sederhananya, port USB 1.0 dan USB 2.0 mampu memasok arus hingga 500mA. Sementara, pada port USB 3.0 nilai ini meningkat menjadi 900mA.

Jadi, Apakah Port USB 3.0 Lebih Cepat?

Woman Connecting Smartphone To A Notebook  For Powering

Secara teori harusnya memang benar bahwa port USB 3.0 mampu memasok arus listrik lebih banyak. Namun, jawaban pertanyaan di atas tergantung juga pada jenis USB yang smartphone kamu gunakan.

Contohnya begini, ada kemungkinan bahwa smartphone dengan USB Type C dapat menerima daya yang lebih besar bila dibandingkan smartphone dengan microUSB saat kamu menggunakan port USB 3.0 pada laptop kamu.

Tapi tunggu dulu, masih ada faktor lain lho. Apalagi?

Standar Untuk USB Battery Charging dan USB Power Delivery

5113cf7fce395fb17e000000

Selain ketentuan di atas, ada juga standar untuk USB Battery Charging dan USB Power Delivery.

Standar USB Battery Charging memungkinkan sebuah port USB mengirimkan arus hingga 5A (25 W di 5V) untuk kebutuhan pengisian ulang daya baterai.

Untuk standar ini, perangkat yang akan diisi ulang dayanya bisa “meminta” arus dalam besaran tertentu ke host controller sesuai dengan yang dibutuhkannya.

Sementara standar yang satu lagi, USB Power Delivery, memungkinkan pengiriman daya listrik dengan spesifikasi arus dan voltase yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan penerima. Fitur fast charging pada smartphone memanfaatkan bagian dari standar ini.

Nah yang harus kamu ketahui lagi adalah kebanyakan smartphone saat ini membatasi menerima daya pada 500mA. Selain itu, kualitas kabel USB juga menentukan kecepatan ngecas smartphone.

Tinggalkan komentar